Keefektifan Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SD Andalan di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

Jumari, Jumari (2010) Keefektifan Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SD Andalan di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jumari-08703254007.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat keefektifan sekolah di SD Andalan dilihat dari aspek konteks, (2) tingkat keefektifan sekolah di SD Andalan dilihat dari aspek input, (3) tingkat keefektifan sekolah di SD Andalan dilihat dari aspek proses, (4) tingkat keefektifan sekolah di SD Andalan dilihat dari aspek produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi. Penelitian diadakan di Sekolah Dasar Andalan di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, yakni: SD Percobaan 2 dan SDN Babarsari Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Keefektifan sekolah akan diukur berdasarkan aspek konteks, input, proses dan produk. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Harapan masyarakat pada sekolah adalah menginginkan anak-anak mereka mendapatkan sekolah yang berkualitas. Para orangtua dan segenap stakeholders setuju dengan visi dan misi ini sehingga dapat disimpulkan bahwa sekolah telah mampu merespon tuntutan stakeholder untuk diwujudkan bersama. Dari aspek konteks dapat disimpulkan bahwa sekolah telah mampu merespon tuntutan stakeholders untuk diwujudkan bersama, (2) Berdasarkan komponen input, berdasarkan jumlah pendaftar, di SDN Percobaan 2 tahun ajaran 2009/2010 jumlah pendaftar sebanyak 191 orang siswa dan diterima 80 siswa, di SDN Babarsari jumlah pendaftar 90 yang diterima 72 siswa. Dari aspek jumlah ketersediaan guru dan sarana prasarana yang dimiliki sekolah SDN Percobaan 2 lebih baik dibandingkan SDN Babarsari. Pada aspek penggunaan kurikulum kurikulum nasional sebagai pokok dan kurikulum lain sebagai tambahan dua sekolah tersebut masuk kategori sangat efektif. Pada aspek pendidik dan tenaga kependidikan SDN Percobaan 2 diketahui sangat efektif sedangkan di SD Babarsari masuk kategori tidak efektif. Sedangkan pada aspek serta pemenuhan sarana dan prasarana diketahui SD Percobaan 2 maupun SD Babarsari sudah disimpulkan sangat efektif. Aspek ketersediaan sarana dan prasarana sesuai dengan standar Kabupaten Sleman, di SDN Percobaan 2 diketahui sangat efektif demikian juga yang terjadi di SD Babarsari masuk kategori sangat efektif, (3) proses: di SDN Percobaan 2, para guru memiliki kedisiplinan yang sangat tinggi. Dari proses: dalam progres pelaksanaan pembelajaran menggunakan CTL, pada SD Percobaan 2 sudah menjalankan 75% tetapi di SD Babarsari sebesar 50%. Dalam aspek pelaksanaan PBM, dari dua SD Andalan dapat disimpulkan efektif, (4) Perbandingan produk sekolah diketahui bahwa SDN Percobaan 2 unggul dalam bidang olimpiade MIPA, guru berprestasi tingkat propinsi, nilai rata-rata ujian akhir yang lebih besar. Dari hasil prestasi akademik maupun non akademik yang dicapai siswa menunjukkan bahwa untuk SDN Percobaan 2 maupun SD Babarsari masuk dalam kategori efektif. Aspek produk, yakni budi pekerti dan kedisiplinan siswa. Aspek prestasi guru, kepala sekolah dan sekolah, diketahui bahwa dua sekolah tersebut masuk dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, manajemen berbasis sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 14 Nov 2016 03:19
Last Modified: 14 Nov 2016 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43577

Actions (login required)

View Item View Item