MOTIVASI SISWA BELAJAR TARI LENGGER DI SANGGAR TARI RUKUN PUTRI BUDAYA DUSUN GIYANTI KELURAHAN KADIPATEN KECAMATAN SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO

Agnes Niki Pinesti, Agnes (2016) MOTIVASI SISWA BELAJAR TARI LENGGER DI SANGGAR TARI RUKUN PUTRI BUDAYA DUSUN GIYANTI KELURAHAN KADIPATEN KECAMATAN SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (389MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi siswa belajar tari Lengger di sangar tari Rukun Putri Budaya. Penelitian ini difokuskan pada motivasi siswa belajar tari Lengger, meliputi: dorongan dari dalam diri, orang tua, maupun masyarakat, serta sarana dan prasarana sebagai faktor pendukung. Penelitian ini mengunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada motivasi siswa sanggar belajar tari Lengger di Dusun Giyanti. Pengumpulan data diperoleh melalui dokumentasi dan teknik wawancara mendalam. Sumber data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata- kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti sumber tertulis dan foto. Alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini, adalah: alat tulis, buku catatan, perekam video, serta kamera foto. Analisis data yang digunakan, adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi, dengan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi menurut sumbernya dibedakan menjadi dua yaitu (1) motivasi intrinsik, dorongan dari dalam diri ini sangat berpengaruh dalam berkembangnya potensi siswa sanggar Rukun Putri Budaya sebagai penari Lengger. Motivasi intrinsik pada penari Lengger, yaitu a) melestarikan kesenian rakyat, b) memperoleh tambahan uang. Kendala motivasi intrinsik, seperti a) pulang malam, b) digoda laki-laki, c) tarian yang keras- keras. (2) motivasi ekstrinsik, dorongan dari luar yang sangat berpengaruh dalam berkembangnya potensi siswa. Faktor pendukung motivasi ektrinsik, yaitu a) keluarga, b) masyarakat, c) sarana dan prasarana, sarana dan prasarana yang disediakan berupa a) iringan, b) kostum, c) sesaji.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 14 Nov 2016 03:17
Last Modified: 14 Nov 2016 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43574

Actions (login required)

View Item View Item