Manajemen Pelaksanaan Pendidikan Budi Pekerti melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Jetis Bantul

Ismudari, Ismudari (2010) Manajemen Pelaksanaan Pendidikan Budi Pekerti melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Jetis Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ismudari-027325043.swf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan budi pekerti mempunyai kedudukan dan peran sangat penting di samping pendidikan akademis di sekolah. Secara singkat tujuan pendidikan di Indonesia adalah berkembangnya potensi peserta didik menjadi manusia yang cerdas dan berbudi pekerti luhur. Dewasa ini pendidikan budi pekerti dinilai kurang mendapat perhatian, oleh karena itu salah satu tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pendidikan budi pekerti siswa di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan beberapa guru yang terkait, khususnya guru bimbingan konseling. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul, semester genap tahun pelajaran 2008/2009. Data dikumpulkan dengan observasi/pengamatan, wawancara, catatan lapangan, perekaman suara dan gambar, serta evaluasi diri oleh siswa sendiri. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dengan tindakan wawancara dan diskusi siswa dengan nara sumber dalam rangka menggali nilai-nilai budi pekerti luhur dapat meningkatkan budi pekerti siswa meskipun belum optimal. Kedua, dengan kunjungan ke panti asuhan dapat mengembangkan budi pekerti luhur siswa lebih optimal. Perkembangan tersebut menurut penilaian guru sebesar 26,32%, menurut penilaian orangtua siswa sebesar 8,23%, menurut evaluasi diri siswa sebesar 10,23%. Ketiga, Nilai-nilai budi pekerti luhur dalam kelompok pendidikan karakter menunjukkan hasil yang masih rendah sehingga diperlukan peningkatan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pelaksanaan, pendidikan budi pekerti, layanan bimbingan kelompok
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2016 02:40
Last Modified: 29 Jan 2019 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43567

Actions (login required)

View Item View Item