Keefektifan Manajemen Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar Al-Muslim Wadungasri-Waru Sidoarjo

Imyati, Imyati (2010) Keefektifan Manajemen Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar Al-Muslim Wadungasri-Waru Sidoarjo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-imyati-027325085.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis untuk mengetahui dan menganalisis kefektifan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SD Al-Muslim Wadungasri Waru Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri kepala sekolah, tiga orang guru panitia pengembang KTSP, dan Ketua Komite Sekolah. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan: a) perpanjangan keikutsertaan; b) ketekunan pengamatan; c) triangulasi sumber; d) member check; dan e) rekaman hasil wawancara. Data dianalisis dengan analisis interactive model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pengembangan KTSP di SD Al-Muslim Waru Sidoarjo diklasifikasi sudah cukup memadai, dilihat dari aspek: rumusan tujuan, rencana pencapaian, pemenuhan kebutuhan sarana-prasarana, biaya dan peningkatan diri guru; (2) pengorganisasian cukup baik, berdasarkan rekruitmen panitia, pembagian tugas, pemberian imbal jasa dan penyiapan fasilitas. Namun demikian, kontrak kerja belum ada; (3) pelaksanaan telah berjalan dengan baik, dilihat dari: keberadaan program, partisipasi guru, pemotivasian kepada panitia dan guru, kelancaran komunikasi antara kepala sekolah dengan panitia dan guru, dan optimalisasi potensi panitia dan guru; (4) pengendalian sudah dilakukan dengan baik, ditandai adanya upaya mengevaluasi kemampuan guru dalam menyusun silabus dan rencana pelajaran dan bantuan kepada guru yang mengalami kesulitan; (5) kelulusan peserta didik dalam mengikuti UASBN cukup efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pengembangan, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2016 00:18
Last Modified: 29 Jan 2019 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43559

Actions (login required)

View Item View Item