Keefektifan Dewan Sekolah dan Peranannya Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMKN 3 Kasihan Bantul

Haryanto, Haryanto (2010) Keefektifan Dewan Sekolah dan Peranannya Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMKN 3 Kasihan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-haryanto-027325090.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) keefektifan dewan sekolah dalam menjalankan peran dan fungsinya, (2) faktor-faktor penghambat dewan sekolah, dan (3) peranan dewan sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SMKN 3 Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian meliputi 9 orang yang berkedudukan sebagai ketua, sekretaris, bendahara, sie bidang sumberdana/daya, sie bidang kualitas pelayanan pendidikan, sie jaringan kerjasama dan kepala sekolah. Pemilihan subyek penelitian ini berdasarkan pada pertimbangan bahwa subyek tersebut memahami pokok permasalahan dalam penelitian ini. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk penganalisaan data menggunakan analisis kualitatif. Hasil darei penelitian memperlihatkan bahwa: 1) dewan sekolah dalam mejalankan peran dan fungsinya sebagai: (a) badan pertimbangan sudah efektif dengan memberikan masukan pada penyusunan dan pengesahan RAPBS, memberikan masukan proses pengelolaan pendidikan dan pengelolaan sarana prasarana dan anggaran yang berguna bagi peningkatan mutu pendidikan, (b) badan pendukung sudah efektif dengan keberhasilan dewan sekolah dalam memobilisasi, mengelola dan mengevaluasi sarana dan prasarana demi berlangsungnya proses pembelajaran yang bermutu, (c) badan pengontrol sudah cukup efektif dengan keefektifan dewan sekolah dalam ikut mengontrol proses perencanaan program, memantau pelaksanaan program,serta memantau output pendidikan, dan (d) badan penghubung sudah efektif dengan keberhasilan dewan sebagai mediator sekolah dan orang tua siswa dan masyarakat sehingga terjalin kerjasama yang baik diantara para stakeholder pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan. 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh dewan sekolah (a) hambatan dari faktor internal dewan sekolah yaitu kesibukan yang tinggi dan waktu sibuk yang berbeda, tingkat pengetahuan dan ekonomi yang tidak sama, struktur organisasi yang tidak berjalan secara optimal, kekurangan sarana dan prasarana dan seringnya pergantian anggota dewan sekolah (b) hambatan dari faktor eksternal dewan sekolah yaitu hambatan dari sekolah, orang tua siswa, dunia usaha dan industri serta dari pemerinah, dan 3) Peran dewan sekolah dalam penigkatan mutu pendidikan sudah diperlihatkan dengan memberikan masukan tentang profil lulusan yang punya daya saing dalam mencari kerja, mengadakan sinkronisasi kurikulum untuk menciptakan link and macth, menyediakan anggaran unmtuk diklat dan pelatihan tenaga kependidikan, menyediakan anggaran untuk sosialisasi dan penerapan SMM ISO 9001:2001 mengadakan dan mengembangkan sarana dan prasarana, mengoptimalkan peran siswa dan orang tua siswa serta masyarakat untuk memperoleh hasil terbaik dari proses pembelajaran sehingga terjadi peningkatan mutu dari waktu ke waktu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: dewan sekolah, mutu pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2016 07:46
Last Modified: 29 Jan 2019 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43553

Actions (login required)

View Item View Item