Trimartanti, Laila Wahyu (2016) PENERAPAN SISTEM FUZZY UNTUK DIAGNOSIS CAMPURAN BAHAN BAKAR DAN UDARA PADA MOBIL F15 GURT. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (919kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
Text
BAGIAN AWALAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mendapatkan campuran stoichiometric pada mobil F15 GURT, mengetahui penerapan sistem fuzzy untuk diagnosis campuran bahan bakar dan udara pada mobil F15 GURT dan mengetahui tingkat keakurasian sistem fuzzy yang digunakan. Air Fuel Ratio merupakan perbandingan antar massa molekul senyawa dalam proses pembakaran. Perbandingan antara jumlah udara sesungguhnya dengan nilai teori stoichiometric disebut lambda. Diperlukan diagnosis untuk mengetahui campuran bahan bakar yang ideal. Sistem fuzzy dengan tingkat akurasi yang baik dapat digunakan untuk mendiagnosis campuran bahan bakar dan udara pada mobil. Data yang digunakan untuk penelitian diperoleh dari tim mobil yang berada di Universitas Negeri Yogyakarta, yaitu Garuda UNY Racing Team. Penelitian ini mendapatkan perbandingan yang ideal ketika terdapat 15,1 gr udara untuk setiap 1 gr bahan bakar sehingga dapat menghasilkan campuran stoichiometric ketika nilai lambda sebesar 1. Penelitian ini menggunakan sistem fuzzy dengan 2 variabel input, yaitu error dan delta error. Variabel output diklasifikasikan menjadi 3 himpunan fuzzy rich, stoichiometric dan lean. Data yang digunakan sebanyak 180 data terdiri atas 113 data digunakan untuk data latih dan 67 data digunakan untuk data uji. Proses inferensi menggunakan Metode Mamdani dan pada proses defuzzifikasi menggunakan Metode Centroid. Sistem fuzzy kemudian diimplementasikan menggunakan Graphical User Interface (GUI). Tingkat keakurasian sistem fuzzy untuk diagnosis campuran bahan bakar dan udara pada mobil F15 GURT mencapai 85% pada data latih dan 90% pada data uji. Penerapan sistem fuzzy yang digunakan pada penelitian ini dengan nilai lambda yang berada di sekitar 1 dapat dikatakan mampu untuk mendiagnosis campuran bahan bakar dan udara pada mobil F15 GURT. Kata kunci: Metode Centroid, Metode Mamdani, Mobil F15 GURT, Sistem Fuzzy, Stoichiometric
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 06:59 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43552 |
Actions (login required)
View Item |