LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTA

Rica N. Setyorini, Rica N. Setyorini (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sleman Yogyakarta selama dua setengah bulan sejak 1 Juli – 17 September 2013. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat analisis hari efektif, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran, media pembelajaran, soal dan pedoman penskoran ulangan, daftar hadir siswa, dan daftar penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 18 Juli - 10 September 2014 dengan jumlah jam mengajar sebanyak 64 jam, terdiri dari 40 jam mengajar dikelas ( kelas VII A, B, C, dan D 20 x @2 jam) dan 24 jam mengajar extra seni rupa ( kelas VII A, B, C, dan D 12 x @2 jam). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 10 kali pertemuan, adapun praktikan sudah mencapai 20 kali pertemuan. Saran untuk keberhasilan PPL dari praktikan yaitu peningkatan kerjasama yang baik antara pihak universitas, sekolah dan praktikan itu sendiri agar tidak terjadi miss komunikasi dalam pelaksanaan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Nov 2016 23:36
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43536

Actions (login required)

View Item View Item