LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL

Ana Nurlatifah, Ana Nurlatifah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sleman selama dua setengah bulan sejak 1 Juli – 17 September 2014. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung di kelas VIII B dan VIII C, serta pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa, soal dan pedoman penskoran ulangan harian, pembuatan media pembelajaran, daftar hadir siswa, dan daftar penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 9 Agustus - 13 September 2014 dengan 27 kali pertemuan dan jumlah jam mengajar sebanyak 46 jam. Materi yang diajarkan selama kegiatan praktik mengajar mencakup materi sistem koordinat kartesius dan operasi aljabar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 10 kali pertemuan. Keberhasilan PPL tersebut, ditunjukkan dengan antusiasme dan keaktifan siswa saat proses pembelajaran, serta hasil ulangan yang memuaskan. Saran untuk keberhasilan PPL dari praktikan yaitu peningkatan kerjasama yang baik antara pihak universitas, sekolah dan praktikan itu sendiri agar tidak terjadi miss komunikasi dalam pelaksanaan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Nov 2016 23:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43534

Actions (login required)

View Item View Item