Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sukomanunggal Kota Surabaya

Kusmiati, Endang (2010) Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sukomanunggal Kota Surabaya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-endang-kusmiyati-01735130.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai hubungan antara keterampilan manajerial kepala sekolah menurut persepsi guru, baik keterampilan konseptual, hubungan antar manusia, maupun keterampilan teknikal dengan kinerja guru sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 210 orang guru dari 34 SD di Kecamatan Sukomanunggal Kota Surabaya. Sampel diambil menggunakan formula Krejcie, dan Morgan, D.W. untuk taraf signifikansi 95%, jumlahnya 135. Teknik sampling dilakukan dengan cara proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan skala inventori yang dikembangkan dari Likert. Analisis data dilakukan dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan dari keterampilan konseptual kepala sekolah menurut persepsi guru secara parsial dengan kinerja guru dengan sebesar 0,505; (2) Ada hubungan dari keterampilan hubungan antar manusia kepala sekolah menurut persepsi guru secara parsial dengan kinerja guru sebesar 0,077; (3) ada hubungan dari keterampilan tenikal kepala sekolah menurut persepsi guru secara parsial dengan kinerja guru sebesar 0,150; (4) Ada hubungan dari keterampilan konseptual kepala sekolah menurut persepsi guru, keterampilan hubungan antar manusia kepala sekolah menurut persepsi guru, keterampilan tehnikal kepala sekolah menurut persepsi guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 0,542 atau R2 =0,294 (29,4%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan manajerial, kepala sekolah, kinerja guru
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2016 03:42
Last Modified: 29 Jan 2019 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43530

Actions (login required)

View Item View Item