Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Bermain Memancing Bagi Siswa Kelompok B Taman Kanak-Kanak Miftahul Huda Desa Karangjengkol Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2015/2016.

Retnaningrum, Wulandari (2016) Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Bermain Memancing Bagi Siswa Kelompok B Taman Kanak-Kanak Miftahul Huda Desa Karangjengkol Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2015/2016. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wulandari-retnaningrum-14717251014.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses peningkatan perkembangan kognitif melalui media bermain memancing bagi anak kelomok B di TK Miftahul Huda Kabupaten Cilacap, (2) meningkatkan perkembangan kognitif melalui media bermain memancing bagi anak kelompok B di TK Miftahul Huda Kabupaten Cilacap. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Miftahul Huda yang berjumlah 23 anak (9 laki-laki dan 14 perempuan). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan, setiap pertemuan 1x20 menit terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian ini adaptasi desain Kemmis dan Mc Taggart (1990). Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila persentase perkembangan kognitif mencapai ≥ 75%. Proses kegiatan bermain memancing: anak memancing ikan-ikanan, hasil memancing diklasifikasi dan di timbang kemudian dihitung berapa jumlah ikan-ikanan yang besar berapa jumlah ikan-ikanan yang kecil dan mengambil kartu angka untuk mencocokan bilangan dengan lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak kelompok B di TK Miftahul Desa Karangjengkol, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap sebelum tindakan masih dalam kategori mulai berkembang yaitu mencapai 58,55%. Hasil pada Siklus I menunjukkan perkembangan kognitif dalam kategori berkembang meningkat menjadi 69,70%, sehingga persentase peningkatan antara sebelum tindakan ke siklus I sebesar 11,15%. Pada siklus II terjadi peningkatan perkembangan kognitif menjadi 80,99% atau kategori sangat berkembang. Peningkatan persentase perkembangan siklus I ke siklus II yaitu 11,29%. Dengan demikian penggunaan media bermain memancing mempunyai dampak sangat baik, seperti yang ditunjukkan dengan perkembangan kognitif anak yang mengalami perkembangan sangat baik dibandingkan sebelum tindakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perkembangan kognitif, anak usia dini, media bermain memancing.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Nov 2016 06:57
Last Modified: 09 May 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43526

Actions (login required)

View Item View Item