Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme dengan Model Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) untuk SMP Kelas IX di Yogyakarta.

Gunawan, Gunawan (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme dengan Model Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) untuk SMP Kelas IX di Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gunawan-09709251021.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika kelas IX berbasis konstruktivisme yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan yang meliputi: (a) pendefinisian (define), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (develop), dan (d) penyebaran (dissemination). Penelitian ini dilakukan di SMP Pembangunan Piyungan Yogyakarta. Subjek uji coba penelitian terdiri atas 28 siswa pada uji coba pertama dan uji coba kedua serta dua guru kelas IX. Aspek kualitas produk pengembangan didasarkan pada kualitas produk menurut Nieveen yang terdiri dari 3 aspek, yaitu valid, praktis, dan efektif. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari angket, lembar observasi, dan tes. Angket digunakan untuk menilai validitas instrumen dan mengetahui respon siswa dan guru. Lembar observasi digunakan untuk mengamati kemampuan guru dan aktivitas siswa. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui keefektifan produk yang dikembangkan. Hasil validasi menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan yakni Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Guru (BG), Buku Sisa (BS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB) layak digunakan dengan kategori valid. Dari uji coba 1 dan 2 menunjukkan perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan. Tingkat kepraktisan pada setiap pembelajaran sebagai berikut; (1) kepraktisan menurut guru pada skala 5 berkategori sangat praktis (4,09), (2) kepraktisan menurut siswa berkategori praktis (87,17%), (3) hasil observasi kemampuan guru pada skala 5 menunjukkan kategori baik (3.6), (4) aktivitas siswa berkategori sangat baik (89%). Untuk keefektifan yakni ; (1) THB siswa menunjukkan tingkat kelulusan 89% dengan kategori sangat efektif, (2) respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan angka 94%, dengan kategori sangat baik, (3) respon guru berkategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme, Student Team Achievement Divisions (STAD)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Nov 2016 02:39
Last Modified: 09 May 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43525

Actions (login required)

View Item View Item