MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR MENGGUNAKAN ARDUINO ATMEGA328 UNTUK PESERTA DIDIK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 2 YOGYAKARTA

Privantoro, Wahyu (2016) MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR MENGGUNAKAN ARDUINO ATMEGA328 UNTUK PESERTA DIDIK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 2 YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika.

[img]
Preview
Text
wahyu Privantoro.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Belum tersedianya model pembelajaran praktikum menggunakan Ardunio ATMega 328 membuat peserta didik kesulitan pada saat melakukan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mikroprosesor menggunakan arduino dan menguji tingkat kelayakanya. Media pembelajaran ini digunakan pada mata pelajaran teknik mikroprosesor SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran teknik mikroprosesor menggunakan arduino, yang dibuat dalam bentuk trainer dan jobshhet. Terdiri dari tujuh I/O yaitu, LCD, motor servo, motor DC, LED, seven segment sabagai output dan pushbutton, potensiometer sebagai input. Tahap pengembangan produk meliputi 1). Analisis awal, 2). Desain, 3). Validasi, 4). Pengujian, 5). Revisi, dan 6). Ujicoba pemakaian. Tahapan pengembangan dilakukan dengan melibatkan guru dan para tenaga ahli. Sedangkan pengujian kelayakan media pembelajaran dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ujicoba pemakaian oleh Peserta Didik. Hasil pengembangan media pembelajaran berupa media pembelajaran teknik mikroprosesor menggunakan arduino dengan jenis chip Atmega 328 dan 7 jenis I/O. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran mikroprosesor menggunakan arduino masuk dalam kategori layak. Hasil ini diperoleh berdasarkan validasi isi oleh ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 85.09%, validasi konstruk oleh ahli media memperoleh hasil 86,67%, sedangkan respon peserta didik di SMK N 2 Yogyakarta dengan hasil 79.89% masuk dalam kategori layak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: trainer, media pembelajaran, mikroprosesor, arduino
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Nov 2016 04:50
Last Modified: 30 Oct 2018 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43523

Actions (login required)

View Item View Item