PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN BUSANA ANAK MELALUI METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Puji, Lestari (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN BUSANA ANAK MELALUI METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PUJI LESTARI (12513241041).pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) melaksanakan pembelajaran menggunakan metode practice rehearsal pairs pada kompetensi pembuatan busana anak pada siswa kelas X busana di SMK Muhammadiyah 1 tempel, (2) meningkatkan motivasi belajar untuk pencapaian kompetensi pembuatan busana anak menggunakan metode practice rehearsal pairs pada siswa kelas X busana di SMK Muhammadiyah 1 tempel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Taggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari Perencanaan, Tindakan dan Observasi, Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Busana yang berjumlah 15 orang. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes pencapaian kompetensi. Validitas dibuktikan berdasarkan keputusan ahli (judgement expert) dan estimasi reliabilitas instrumen menggunakan antar-rater yaitu dengan procentage of agreement. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran dengan metode practice rehearsal pairs pada kompetensi pembuatan busana anak dilakukan dengan tahap pendahuluan guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta memberikan apersepsi, pelaksanaan guru membagi siswa berkelompok, dalam kelompok terdapat pendemonstrasi yang mempraktikan prosedur menjahit kemeja dan pemerhati bertugas memperhatikan dan menilai penjelasan sesuai dengan prosedur. Siswa kemudian bertukar pasangan untuk menyelesaikan prosedur selanjutnya, dan penutup guru menilai pengetahuan siswa dengan memberikan tes (2) motivasi belajar siswa pra siklus dalam kategori rendah dengan rata-rata 11,86, pencapaian kompetensi pada pra siklus 1 dari 15 atau 7% siswa yang kompeten. Pada Siklus 1 motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi dengan rata-rata 17,06, pencapaian kompetensi siklus 1 yaitu 10 dari 15 siswa atau 67% siswa kompeten dengan rata-rata 76,88. Pada siklus 2 motivasi belajar siswa dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata 20,53, pencapaian kompetensinya 15 (100%) siswa kompeten dengan rata-rata 83,26. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa metode practice rehearsal pairs dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk pencapaian kompetensi membuat busana anak siswa kelas X Busana di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Kata kunci : Motivasi Belajar, Pencapaian Kompetensi, Metode Practice Rehearsal Pairs, Membuat Busana Anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Nov 2016 04:36
Last Modified: 30 Jan 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43519

Actions (login required)

View Item View Item