TUGAS DAN FUNGSI PUBLIC RELATION DALAM ORGANISASI

Lestari Wahyuningsih, Lestari (2013) TUGAS DAN FUNGSI PUBLIC RELATION DALAM ORGANISASI. D3 thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR_.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tugas-tugas public relation dalam organisasi, (2) fungsi public relation dalam organisasi, (3) peranan public relation dalam organisasi. Metode penulisan menggunakan pendekatan secara kualitatif dengan metode deduktif. Pendekatan secara kualitatif yaitu pendekatan masalah dengan berdasarkan uraian yang tidak berwujud dengan angka. Meteode deduktif yaitu dengan cara menuliskan topik-topik pembahasan yang digambarkan secara umum kemudian ditarik suatu kesimpulan secara khusus. Hasil dari penulisan menunjukkan bahwa: (1) tugas-tugas public relation dalam organisasi adalah membina hubungan baik dengan publik baik internal maupun ekternal organisasi; menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi secara lisan, tertulis, melalui tampilan visual kepada publik baik internal maupun eksternal organisasi; memonitor, merekam, dan mengevaluasi tanggapan serta pendapat umum (publik); memperbaiki dan membangun citra atau image organisasi; melaksanakan komunikasi persuasif yang timbal balik kepada publik baik internal maupun eksternal organisasi, (2) fungsi public relation dalam organisasi adalah memelihara, mengembangkan, memertahankan komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani masalah yang muncul, atau meminimalkan munculnya masalah, (3) dalam menjalankan peranannya di suatu organisasi, seorang public relation dapat bertindak sebagai penasihat ahli, fasilitator komunikasi, fasilitator pemecahan masalah, teknisi komunikasi, serta pe-monitoring dan pengevaluasi. Kesemua peran tersebut pada intinya untuk membantu menetapkan dan memelihara komunikasi dengan menjalin hubungan baik dengan publik baik internal maupun eksternal, membantu dalam penyelesaian pemecahan masalah-masalah manajemen yang sedang terjadi dalam organisasi (sebagai komunikator), serta membentuk citra/image positif publik/masyarakat terhadap organisasi.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Sekretari
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 10 Nov 2016 03:57
Last Modified: 29 Jan 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43513

Actions (login required)

View Item View Item