APLIKASI FUZZY LOGIC UNTUK MENILAI KOLEKTIBILITAS ANGGOTA SEBAGAI PERTIMBANGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT DI KOPERASI X

Ulinni’mah, Khusnawati (2016) APLIKASI FUZZY LOGIC UNTUK MENILAI KOLEKTIBILITAS ANGGOTA SEBAGAI PERTIMBANGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT DI KOPERASI X. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Awalan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penilaian sebelum pemberian kredit perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kredit macet di Koperasi X. Pada penelitian ini penilaian dilakukan dengan menghitung estimasi kolektibilitas anggota menggunakan fuzzy logic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi fuzzy logic dalam menilai kolektibilitas anggota sebagai pertimbangan pengambilan keputusan pemberian kredit di Koperasi X serta akurasi yang dihasilkannya. Data yang digunakan adalah data anggota Koperasi X pada periode pengajuan kredit tahun 2011-2015 dan data kolektibilitas anggota tahun 2015. Terdapat 325 data yang dipilih, kemudian data tersebut dibagi menjadi 2 yaitu data training dan data testing. Pembagian tersebut dengan persentase 80% data training dan 20% data testing. Data yang digunakan sebagai variabel input antara lain: pendapatan, pengeluaran, permohonan pinjaman, nilai jaminan, jangka waktu, karakter kebaikan dan tanggung jawab anggota sedangkan variabel outputnya adalah kolektibilitas anggota. Penelitian ini menggunakan model fuzzy Sugeno orde nol. Pada pembentukan model fuzzy digunakan fuzzy inference system (fis) pada MATLAB R 2010b. Aplikasi fuzzy logic untuk menghitung kolektibilitas anggota ini dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu: identifikasi variabel input dan output, fuzzifikasi, pembentukan aturan menggunakan data training, inferensi, dan defuzzifikasi dengan menghitung weigted average. Penerapan logika fuzzy ini menghasilkan nilai kolektibilitas anggota. Selanjutnya nilai kolektibilitas tersebut dibandingkan kebenarannya dengan kolektibilitas asli untuk menghitung akurasi model yang dibentuk. Model yang dibentuk menghasilkan akurasi yaitu 93,077% untuk data training dan 69,23% untuk data testing. Kata kunci : data kredit, fuzzy logic, Sugeno orde nol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 10 Nov 2016 02:55
Last Modified: 30 Jan 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43505

Actions (login required)

View Item View Item