LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 KLATEN

FAJAR ARDHIAN YUDIANTO, FAJAR ARDHIAN YUDIANTO (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANALISIS HASIL ULANGAN KELAS VII A.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FAJAR.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER FAJARFIX.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Other
FAJAR.xlsx

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
Lamp FORMAT OBSERVASI KELAS.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN FOTO 1.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lap dana PPL Fajar FIX.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN MINGGUAN FIX (FAJAR) (Repaired).pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
materi bentuk muka bumi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan dan abstrak FAJAR.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP BENTUK MUKA BUMI FAJAR ARDHIAN (11416244014).pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SILABUS IPS KELAS 7.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
soal SNOWBALL.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SOAL ULANGAN HARIAN.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SOAL ULANGAN HARIAN.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), merupakan bentuk usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari pengetahuan di luar kampus yakni pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah.. Dalam kesempatan kali ini, penulis melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMP Negeri 1 Klaten. Kegiatan awal dalam PPL ini adalah observasi kelas. Kegiatan observasi ini bertujuan memberikan pengalaman awal tentang situasi kelas, kegiatan yang kedua adalah persiapan, dalam persiapan ini ada yang sifatnya administratif dan persiapan yang sifatnya personal. Persiapan yang sifatnya administratif berupa konsultasi dalam penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode, dan media yang akan digunakan, sedangkan yang sifatnya personal adalah mempersiapkan fisik dan mental. Inti kegiatan PPL ini terdiri dari dua yaitu praktik mengajar dan membuat administrasi. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Klaten, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, VIIA, VIII B dan VIII C. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan menggunakan media power point, audio dan audio video sedangkan metode atau strategi pembelajaran yang digunakan berupa Question Student Have, Talking Stick, STAD, diskusi, tanya jawab, dan kuis. Dalam pelaksanaan PPL yang berupa praktik mengajar, situasi pembelajaran secara umum dapat terkendali, interaksi belajar mengajar dapat terkondisikan, akan tetapi masih ada beberapa permasalahan yang dihadapi pada saat pelaksanaan PPL. Seperti kurangnya fasilitas media pembelajaran berupa LCD Proyektor (Liquid Crystal Display Proyektor) dan speaker pada semua kelas selain itu dalam proses pembelajaran masih sangat rendah tingkat pertisipasi dari siswa selama proses pembelajaran sehingga tidak jarang ada beberapa siswa yang sulit untuk dikondisikan dalam pembelajaran di kelas. Untuk itu sangat diperlukan peranan praktikan dalam mengatasi berbagai permasalahan tersebut, antara lain dengan mempersiapkan metode dan media pembelajaran yang menarik sehingga membangkitkan ketertarikan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, dan mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Nov 2016 00:44
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43504

Actions (login required)

View Item View Item