Keefektifan Manajemen Pembelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Temanggung

Anggraeni, Dyas Ayu Nur (2010) Keefektifan Manajemen Pembelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Temanggung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dyah-ayu-nur-anggraeni-08703254014.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keefektifan manajemen pembelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Temanggung. Secara rinci bertujuan untuk mengetahui keefektifan: (1) Perencanaan pembelajaran IPA, (2) Pelaksanaan pembelajaran IPA, (3) Evaluasi pembelajaran IPA, serta (4) Pengawasan sekolah terhadap pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model discrepancy evaluation atau evaluasi kesenjangan. Sumber data penelitian adalah Guru IPA, Kepala Urusan Kurikulum, serta Kepala sekolah. Pengumpulan data primer menggunakan instrumen observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Data hasil observasi yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif sedangkan data hasil dokumentasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran guru IPA yang meliputi rumusan silabus, RPP dan kelengkapan perangkat pembelajaran dinyatakan cukup efektif; (2) pelaksanaan pembelajaran yang meliputi persyaratan pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran dinyatakan cukup efektif; (3) penilaian pembelajaran dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan analisis penilaian yang dilakukan oleh guru dinyatakan cukup efektif; (4) pengawasan pembelajaran oleh kepala sekolah yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut pengawasan dinyatakan cukup efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, IPA
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:01
Last Modified: 09 Nov 2016 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43489

Actions (login required)

View Item View Item