Penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Sekolah di SMK se-Kabupaten Bantul

Suranto, Dwi (2010) Penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Sekolah di SMK se-Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi-suranto-01735151.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan sistem informasi manajemen (SIM), (2) pemanfaatan sistem informasi manajemen (SIM) dalam meningkatkan kualitas pelayanan sekolah, (3) dampak penerapan sistem informasi manajemen (SIM), dan (4) faktor-faktor yang menjadi kendala penerapan sistem informasi manajemen (SIM) di SMK se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif kuantitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, petugas SIM, guru yang bertugas sebagai koordinator kegiatan persekolahan, dan karyawan SMK di Kabupaten Bantul. Pengambilan data dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penyajian data dilakukan dengan cara skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi manajemen (SIM) di SMK se-Kabupaten Bantul tergolong baik, dilihat dari kecukupan/kualitas komponen fisik: hardware dan software, kemampuan petugas SIM, pengolahan data, keluaran informasi, dan pemenuhan, keluaran informasi, kualitas informasi, dan pemenuhan kebutuhan informasi. Pemanfaatan sistem informasi manajemen (SIM) di SMK se-Kabupaten Bantul baik berdasarkan penilaian petugas SIM maupun pengguna layanan SIM tergolong tinggi, dilihat dari aspek yang memanfaatkan SIM, kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, kepegawaian, dan bidang humas. Penerapan SIM di SMK se-Kabupaten Bantul meningkatkan kualitas pelayanan sekolah yang mencakup pelayanan di bidang kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, kepegawaian, dan pelayanan di bidang humas. Kendala-kendala dalam penerapan SIM di SMK se-Kabupaten Bantul mencakup: (1) jumlah petugas SIM yang masih terbatas, (2) keterbatasan dana, dan (3) latar belakang pendidikan sebagian petugas yang kurang sesuai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi manajemen, kualitas pelayanan sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2016 08:39
Last Modified: 29 Jan 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43487

Actions (login required)

View Item View Item