Keefektifan Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Pengawas dan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta

Nurhikmahyanti, Desi (2010) Keefektifan Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Pengawas dan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-desi-nurhikmahyanti-08703251007.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan supervisi akademik oleh Pengawas dan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta dengan mengukur: (1) ketepatan ruang lingkup, (2) keefektifan waktu pelaksanaan, (3) keefektifan teknik, (4) keefektifan supervisi oleh pengawas dan kepala sekolah, dan (5) upaya dan tindak lanjut yang dilakukan pengawas dan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik. Populasi penelitian adalah sekolah menengah atas negeri di Kota Yogyakarta. Sampel yang dipilih adalah 5 sekolah menengah atas negeri di Kota Yogyakarta dengan menggunakan teknik simple random sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 52 orang dengan rincian 2 orang pengawas, 5 orang kepala sekolah dan 45 orang guru. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan SPSS 12.0 for windows sub program statistic description. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan supervisi akademik oleh Pengawas Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta dalam hal: (1) ruang lingkup cukup tepat (73,33%); (2) waktu cukup efektif (66,11%); (3) teknik cukup efektif (75%); (4) supervisi oleh pengawas lebih efektif dibandingkan dengan kepala sekolah; dan (5) upaya pengawas yaitu melakukan supervisi bersama kepala sekolah ketika mensupervisi guru dengan teknik kunjungan kelas. Tindak lanjutnya yaitu pengawas menyelenggarakan suatu pertemuan dengan pihak-pihak atau pelaku lain untuk mendiskusikan temuan-temuan hasil supervisi. Keefektifan pelaksanaan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta dalam hal: (1) ruang lingkup cukup tepat (75,63%); (2) waktu cukup efektif (65,58); (3) teknik kurang efektif (53,33%); (4) supervisi oleh kepala sekolah kurang efektif dibandingkan dengan pengawas; dan (5) upaya kepala sekolah yaitu supervisi dilimpahkan kepada tim yang ditunjuk, kemudian tim tersebut melaporkan hasilnya kepada kepala sekolah. Tindak lanjutnya yaitu memberikan himbauan dan saran agar guru terus bekerja melaksanakan tugasnya sebagai guru secara profesional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: supervisi akademik, pengawas, kepala sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2016 08:29
Last Modified: 29 Jan 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43486

Actions (login required)

View Item View Item