PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS VIII DI SMP IP BS TUNAS BANGSA BANJARNEGARA

Febriana Dwi Ariska, Febriana (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS VIII DI SMP IP BS TUNAS BANGSA BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis Kelas VIII yang dilakukan di SMP IP BS Tunas Bangsa Banjarnegara. Pada penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis ditinjau dari beberapa komponen pembelajaran, yaitu (1) tujuan pembelajaran menulis Kelas VIII, (2) materi pembelajaran menulis, (3) metode pembelajaran menulis, (4) media pembelajaran menulis, dan (5) evaluasi pembelajaran menulis. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP IP BS Tunas Bangsa Banjarnegara, sedangkan objek penelitiannya adalah pelaksanaan pembelajaran menulis di SMP IP BS Tunas Bangsa Banjarnegara yang meliputi materi, tujuan, metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis dengan langkah pemrosesan data, kategorisasi, penyajian data, dan inferensi. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan hal-hal berikut. Pertama, tujuan pembelajaran disesuaikan dengan KD yang dipelajari dan dapat dicapai oleh siswa. Kedua, materi pembelajaran keterampilan menulis Kelas VIII sesuai dengan silabus dan RPP yang terdiri dari KD 4.1 Menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar, KD 4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku, KD 8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide, dan KD 8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama. Sumber materi yang digunakan adalah buku paket Bahasa Indonesia Kelas VIII karangan E.Kosasih dan Restuti dan LKS Excellent Bahasa Indonesia untuk Kelas VIII, dan sumber belajar yang lain. Ketiga, metode pembelajaran Kelas VIII yang digunakan adalah metode inkuiri, penugasan, diskusi, integratif, dan pemodelan. Keempat, media pembelajaran menulis Kelas VIII yang digunakan adalah media visual yang tidak dapat diproyeksikan. Kelima, evaluasi dilakukan dengan cara lisan maupun tulis pada waktu sebelum pembelajaran, dalam proses pembelajaran, dan setelah proses pembelajaran, dilakukan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Guru menggunakan penilaian otentik dalam pembelajaran keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:40
Last Modified: 30 Jan 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43483

Actions (login required)

View Item View Item