Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP.

Fatmasuci, Fitratul wulan (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitratul-wulan-fatmasuci-14709251010.swf

Download (16MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah yang berorientasi pada kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika yang mempunyai kualitas baik yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), tes kemampuan komunikasi, dan tes prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983) dan Nana Syodih Sukmadinata (2007) dengan melakukan modifikasi. Prosedur yang diadaptasi tersebut meliputi tiga tahap yaitu 1) studi pendahuluan, 2) desain produk, dan 3) pengembangan dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII A SMP N 1 Moyudan Sleman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket penilaian oleh guru, angket respon siswa dan tes. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal berkategori “baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian minimal berkategori “baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika persentase banyaknya siswa yang tuntas pada tes kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika minimal mencapai 80%. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika khususnya materi bangun ruang sisi datar yang berbasis masalah berorientasi pada kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP yang berupa RPP, LKS, tes kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan masing-masing memenuhi kriteria valid dengan kategori “baik”. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis dengan hasil penilaian kepraktisan oleh guru pada kategori “baik, siswa pada kategori sangat baik dan keterlaksanaan pembelajaran pada kategori “sangat baik”. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif berdasarkan ketuntasan belajar siswa. Persentase siswa yang tuntas pada tes kemampuan komunikasi matematika mencapai 84,38% dan pada tes prestasi belajar mencapai 81,25%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Komunikasi Matematika, Prestasi Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2016 03:27
Last Modified: 09 May 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43482

Actions (login required)

View Item View Item