FAJAR ARDHIAN YUDIANTO, FAJAR ARDHIAN YUDIANTO (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ANALISIS HASIL ULANGAN KELAS VII A.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
Lamp FORMAT OBSERVASI KELAS.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN FOTO 1.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan dan abstrak FAJAR.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
RPP BENTUK MUKA BUMI FAJAR ARDHIAN (11416244014).pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
RPP BENTUK MUKA BUMI FAJAR ARDHIAN (11416244014).pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
SILABUS IPS KELAS 7.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
SILABUS IPS KELAS 7.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
soal SNOWBALL.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
SOAL ULANGAN HARIAN.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I FAJAR.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
COVER FAJARFIX.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
LAPORAN MINGGUAN FIX (FAJAR) (Repaired).pdf Download (566kB) | Preview |
Abstract
raktik Pengalaman Lapangan (PPL), merupakan bentuk usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari pengetahuan di luar kampus yakni pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah.. Dalam kesempatan kali ini, penulis melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMP Negeri 1 Klaten. Kegiatan awal dalam PPL ini adalah observasi kelas. Kegiatan observasi ini bertujuan memberikan pengalaman awal tentang situasi kelas, kegiatan yang kedua adalah persiapan, dalam persiapan ini ada yang sifatnya administratif dan persiapan yang sifatnya personal. Persiapan yang sifatnya administratif berupa konsultasi dalam penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode, dan media yang akan digunakan, sedangkan yang sifatnya personal adalah mempersiapkan fisik dan mental. Inti kegiatan PPL ini terdiri dari dua yaitu praktik mengajar dan membuat administrasi. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Klaten, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, VIIA, VIII B dan VIII C. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan menggunakan media power point, audio dan audio video sedangkan metode atau strategi pembelajaran yang digunakan berupa Question Student Have, Talking Stick, STAD, diskusi, tanya jawab, dan kuis. Dalam pelaksanaan PPL yang berupa praktik mengajar, situasi pembelajaran secara umum dapat terkendali, interaksi belajar mengajar dapat terkondisikan, akan tetapi masih ada beberapa permasalahan yang dihadapi pada saat pelaksanaan PPL. Seperti kurangnya fasilitas media pembelajaran berupa LCD Proyektor (Liquid Crystal Display Proyektor) dan speaker pada semua kelas selain itu dalam proses pembelajaran masih sangat rendah tingkat pertisipasi dari siswa selama proses pembelajaran sehingga tidak jarang ada beberapa siswa yang sulit untuk dikondisikan dalam pembelajaran di kelas. Untuk itu sangat diperlukan peranan praktikan dalam mengatasi berbagai permasalahan tersebut, antara lain dengan mempersiapkan metode dan media pembelajaran yang menarik sehingga membangkitkan ketertarikan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, dan mengajar |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 03:52 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |