Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berkelanjutan Bagi Guru-Guru Bahasa Jawa SMP se-Kulon Progo

UNSPECIFIED Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berkelanjutan Bagi Guru-Guru Bahasa Jawa SMP se-Kulon Progo.

[img] Text
Muhammad Nur Wangid.docx

Download (19kB)

Abstract

Tujuan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul ”Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berkelanjutan bagi Guru-guru Bahasa Jawa SMP Se-Kulon Progo” ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru Bahasa Jawa SMP dalam penulisan karya ilmiah. Karya ilmiah menjadi salah satu indikasi profesionalisme guru, sehingga sangat relevan untuk selalu ditingkatkan. Subjek kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru bidang Studi Bahasa Jawa SMP se-Kulon Progo yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa. Jumlah peserta keseluruhan sebanyak 20 orang, ditambah dari Dinas Pendidikan, dan para dosen sebagai tim pengabdi. kegiatan dilaksanakan tanggal 3 Agustus 2010, yang sebelumnya telah didahului oleh pengiriman draf karangan ilmiah dari para peserta. Metode kegiatan yang dilaksanakan adalah metode ceramah, diskusi-tanya jawab, dan pembimbingan penulisan. Pelatihan ini dilaksanakan dengan langkah-langkah: pelatihan tahap 1, kerja mandiri, pelatihan tahap 2, dan pembimbingan berkelanjutan. Berdasarkan hasil kegiatan diperoleh hasil sebagai berikut: jumlah naskah atau kerangka karangan yang masuk sebanyak 20 karya, sebanyak 5 karya dinyatakan telah mendekati syarat karya ilmiah, selebihnya masih harus dibimbing untuk keseusiannya. Dua buah karya dari lima karya yang masuk tersebut, yang satu memenuhi syarat untuk dikembangkan menjadi artikel ilmiah (direncakanan akan dimuat di Jurnal KEJAWEN yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FBS UNY), sedangkan lainnya dikembangkan sebagai proposal penelitian tindakan kelas (PTK). Secara keseluruhan, karya-karya peserta sebenarnya sudah berorientasi pada persyaratan karya ilmiah, namun masih perlu ditingkatkan kualitasnya. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian dan sejumlah pelatihan sejenis lainnya sangat penting dan relevan terus dilakukan sejalan dengan tuntutan peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru.

Item Type: Article
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Nov 2016 06:57
Last Modified: 16 Nov 2016 06:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43480

Actions (login required)

View Item View Item