PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAHPADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Pamungkas, Tangguh Yudho and Tuharto, Tuharto (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAHPADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan berbasis masalah (problem based learning) pada materi Lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII dengan kualifikasivalid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP N 1 Kasihan sebanyak 32 siswa.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kelayakan perangkat pembelajaran oleh ahli materi dan ahli media untuk aspek kevalidan, lembar observasi dan pedoman wawancara untuk aspek kepraktisan, dan soal tes hasil belajar siswa untuk aspek keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan berkategori layak berdasarkan aspek kevalidan yaitu RPP memenuhi kreiteria kevalidan “baik” dengan total skor oleh validator adalah 163 dari skor maksimal 205, dan LKS memenuhi kriteria kevalidan “baik” dengan total skor oleh validator adalah 109 dari skor maksimal 160. Aspek kepraktisan dari hasil observasi dan wawancara diperoleh bahwa implementasi 3 LKS menyatakan bahwa perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS layak berdasarkan aspek kepraktisan dengan revisi. Aspek keefektifan perangkat yang dihasilkan dengan KKM 75 persentase ketuntasan di SMP N 1 Kasihan adalah 81,25% sehingga perangkat pembelajaran yang dihasilkan efektif untuk sekolah tersebut. Kata kunci: Pengembangan, Perangkat pembelajaran, Problem Based Learning, Lingkaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:40
Last Modified: 30 Jan 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43472

Actions (login required)

View Item View Item