Nisty, Rayafu N. (2016) PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN PEMILIHAN BAHAN UTAMA UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Nisty Rafayu.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan modul pemilihan bahan utama pada mata pelajaran Tekstil kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo; (2) mengetahui hasil pencapaian siswa pada kompetensi pemilihan bahan utama dengan media modul pada mata pelajaran tekstil kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo; dan (3) meningkatkan pencapaian kompetensi pemilihan bahan utama siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo dengan menggunakan media modul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model spiral Kemmis dan Mc.Taggart dengan siklus yang meliputi tahap perencanaan, tindakan & pengamatan serta refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X Tata Busana yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, catatan lapangan, tes dan angket. Pembuktian validitas berdasarkan kepada keputusan pakar (judgement expert) dan pembuktian reliabilitas menggunakan antar-rater yaitu dengan procentage of agreement. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul pemilihan bahan utama pada mata pelajaran Tekstil kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo terlaksana dengan sangat baik yaitu terlaksana 100% pada siklus I dan siklus II; (2) hasil pencapaian kompetensi siswa setelah menggunakan modul pemilihan bahan utama dapat dilihat pada siklus I dengan nilai mean sebesar 79,04, nilai minimum sebesar 65,25 dan nilai maximum sebesar 85,75. Pada siklus II nilai mean sebesar 92,17, nilai minimum sebesar 83,12 dan nilai maximum sebesar 97,88; (3) modul pemilihan bahan utama mampu meningkatkan pencapaian kompetensi siswa dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Pada pra siklus 14 siswa (43,75%) tuntas dan 18 siswa (56,25%) belum tuntas, meningkat 34,37% pada siklus I menjadi 25 siswa (78,125%) tuntas dan 7 siswa (21,875%) belum tuntas serta meningkat kembali 21,875% pada siklus II menjadi 32 siswa (100%) tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pemilihan bahan utama dapat meningkatkan pencapaian kompetensi siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. Hal ini berarti hipotesis tindakan yaitu penggunaan modul sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pencapaian kompetensi pemilihan bahan utama pada mata pelajaran tekstil kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo terbukti. Kata kunci: modul, pemilihan bahan utama, pencapaian kompetensi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 09:47 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |