Buchori, Azhis Sholeh (2016) Pengaruh Bakat Mekanik, Motivasi Belajar, dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kabupaten Madiun. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-azhis-sholeh-buchori-14702251060.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh bakat mekanik, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kabupaten Madiun, (2) pengaruh bakat mekanik terhadap pretasi belajar siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kabupaten Madiun, (3) pengaruh motivasi belajar terhadap pretasi belajar siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kabupaten Madiun, dan (4) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap pretasi belajar siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kabupaten Madiun. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kabupaten Madiun. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 263 siswa. Pengambilan data menggunakan tes prestasi, tes bakat mekanik, dan angket dengan model skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan empat temuan. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari bakat mekanik, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kabupaten Madiun dengan nilai sig=0,00<α=0,05, dan kontribusi terhadap kenaikan prestasi belajar adalah sebesar 58%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari bakat mekanik terhadap prestasi belajar siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kabupaten Madiun dengan nilai sig=0,00<α=0,05, dan kontribusi terhadap kenaikan prestasi belajar adalah sebesar 15,78%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kabupaten Madiun dengan nilai sig=0,03<α=0,05, dan kontribusi terhadap kenaikan prestasi belajar adalah sebesar 7,95%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kabupaten Madiun dengan nilai sig=0,00<α=0,05, dan kontribusi terhadap kenaikan prestasi belajar adalah sebesar 34,29%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bakat mekanik, motivasi belajar, persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru, prestasi belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 01:58 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 07:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43452 |
Actions (login required)
View Item |