PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES PADA STANDAR KOMPETENSI BEKERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN

Firman Nugroho, Firman (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES PADA STANDAR KOMPETENSI BEKERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
25. Skripsi_Firman Nugroho_11402244028.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates dalam standar kompetensi bekerjasama dengan kolega dan pelanggan. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates yang berjumlah 55 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Angket digunakan untuk mengukur variabel Strategi Pembelajaran Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Pengujian instrumen dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Wates pada siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 40 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Strategi Pembelajaran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates pada Standar Kompetensi Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan yang ditunjukan r_((xy)) sebesar 0,729, koefisien determinasi r_((xy))^2 sebesar 0,532 dan t_hitung(7,761)>t_tabel (2,006). Berdasarkan koefisien determinasi r_((xy))^2 sebesar 0,532 artinya 53,2% Motivasi Belajar Siswa dipengaruhi oleh Strategi Pembelajaran Guru, sementara sisanya 46,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:39
Last Modified: 30 Jan 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43451

Actions (login required)

View Item View Item