PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BUSANA PRIA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK MA’ARIF NURUL HAROMAIN SENTOLO YANG BERBASIS PONDOK PESANTREN

Feni, Nur ‘Aini (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BUSANA PRIA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK MA’ARIF NURUL HAROMAIN SENTOLO YANG BERBASIS PONDOK PESANTREN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Feni Nur ‘Aini_12513241009.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran busana pria kelas XI program keahlian tata busana di SMK Ma’arif Nurul Haromain Sentolo yang berbasis pondok pesantren. (2) keunggulan dan kekurangan pelaksanaan pembelajaran busana pria kelas XI program keahlian tata busana di SMK Ma’arif Nurul Haromain Sentolo yang berbasis pondok pesantren. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan hasil data kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI program keahlian tata busana yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan pedoman wawancara. Pembuktian validitas isi dilakukan dengan expert judgement. Pembuktian reliabilitas dilakukan dengan menggunakan antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan dengan bantuan spss 16.0 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pelaksanaan pembelajaran busana pria ditinjau dari hasil observasi masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 78,1% ; (2) pelaksanaan pembelajaran busana pria ditinjau dari hasil angket masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 77,8% ; (3) pelaksanaan pembelajaran busana pria ditinjau dari hasil wawancara menunjukkan bahwa 31 item kegiatan dalam pelaksanaan pembelajaran telah dilaksanakan oleh guru dan 1 item tidak dilaksanakan oleh guru ; (4) keunggulan pelaksanaan pembelajaran busana pria terdapat pada kegiatan penyampaian salam dan do’a, presensi, konfirmasi hasil eksplorasi dan elaborasi, kegiatan tanya jawab, dan penutup ; (5) Kekurangan pelaksanaan pembelajaran busana pria terdapat pada indikator sumber belajar, laporan praktik, dan kompetisi. Kata kunci : pelaksanaan pembelajaran, busana pria, SMK Ma’arif Nurul Haromain Sentolo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:46
Last Modified: 30 Jan 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43448

Actions (login required)

View Item View Item