Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Pemesinan Siswa Kelas XII Paket Keahlian Teknik Pemesinan SMK Kabupaten Bantul.

Harjanto, Chrisna Tri (2016) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Pemesinan Siswa Kelas XII Paket Keahlian Teknik Pemesinan SMK Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-chrisna-tri-harjanto-14702251023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) pengaruh langsung motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel terhadap kemandirian belajar siswa (2) pengaruh langsung motivasi berprestasi dan fasilitas terhadap pembelajaran praktik pemesinan (3) pengaruh langsung motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel terhadap kompetensi pemesinan siswa (4) pengaruh tidak langsung motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel melalui kemandirian belajar terhadap kompetensi pemesinan siswa (5) pengaruh tidak langsung motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel melalui pembelajaran praktik pemesinan terhadap kompetensi pemesinan siswa kelas XII SMK paket keahlian teknik pemesinan di Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMK paket keahlian teknik pemesinan di Kabupaten Bantul dengan jumlah 166 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XII sebanyak 116 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan Teknik Isaac dan Michael. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Analisis data meliputi analisis deskriptif variabel, pengujian persyaratan analisis (meliputi uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan homoskedastisitas) dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel terhadap kemandirian belajar; terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel terhadap pembelajaran praktik pemesinan; terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara motivasi berprestasi, fasilitas bengkel, kemandirian belajar, dan pembelajaran praktik pemesinan terhadap kompetensi pemesinan; terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan antara motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel melalui kemandirian belajar terhadap kompetensi pemesinan; terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan antara motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel melalui pembelajaran praktik pemesinan terhadap kompetensi pemesinan siswa kelas XII SMK paket keahlian teknik pemesinan di Kabupaten Bantul. (2) Hasil analisis jalur menunjukkan variabel yang paling efektif meningkatkan kompetensi pemesinan adalah motivasi berprestasi secara tidak langsung melalui kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berprestasi, Fasilitas Bengkel, Kemandirian Belajar, Pembelajaran Praktik Pemesinan, Kompetensi Pemesinan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2016 01:23
Last Modified: 22 Aug 2022 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43447

Actions (login required)

View Item View Item