PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 PADA MATERI GULA DAN HASIL OLAHNYA UNTUK SISWA KELAS X JASA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON

Fatimah, Fatimah (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 PADA MATERI GULA DAN HASIL OLAHNYA UNTUK SISWA KELAS X JASA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fatimah - 12511241044.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran pada materi gula dan hasil olahnya menggunakan software Adobe Flash Professional CS6, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran pada materi gula dan hasil olahnya menggunakan software Adobe Flash Professional CS6, 3) mengetahui hasil belajar peserta didik kelas X Jasa Boga 3 pada materi gula dan hasil olahnya setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash Professional CS6. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan meliputi: analysis yaitu melakukan identifikasi kebutuhan; planning yaitu membuat perencanaan meliputi perencanaan tujuan pembelajaran dan profil pengguna; design meliputi pengumpulan isi materi, desain tampilan, story board, dan desain instrumen; development yaitu pembuatan media; validation and test yaitu melakukan validasi dan uji coba. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) produk media pembelajaran dikembangkan melalui tahap analysis yaitu melakukan identifikasi kebutuhan berdasarkan observasi kondisi kelas dan wawancara dengan guru mata pelajaran; planning yaitu membuat perencanaan tujuan pembelajaran berdasarkan silabus Pengetahuan Bahan Makanan dan menentukan siswa kelas X program keahlian Tata Boga sebagai pengguna; design meliputi pengumpulan materi, pembuatan desain tampilan awal, story board media dan instrumen penelitian; development yaitu tahap pembuatan media yang menghasilakan 66 frame, dan tahap validation and test yaitu tahap validasi oleh ahli media dan ahli materi, kemudian diujicobakan pada 32 responden, 2) hasil uji tingkat kelayakan produk media pembelajaran menurut ahli media dan ahli materi termasuk kategori sangat layak, 75% peserta didik menyatakan layak dan 25% menyatakan sangat layak, 3) hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan produk media mengalami perubahan, jumlah peserta didik yang lulus KKM meningkat 6,25%, peserta didik yang masuk kelompok prestasi kategori tinggi meningkat 6,25%, serta tingkat pengetahuan peserta didik pada aspek C1 kategori sangat tinggi meningkat 6,25%, C2 tidak ada perubahan, C3 kategori rendah berkurang 6,25% dan C4 kategori rendah meningkat 3,13%. Kata Kunci: Gula dan Hasil Olahnya, Media Pembelajaran, Adobe Flash Professional CS6

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:45
Last Modified: 30 Jan 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43444

Actions (login required)

View Item View Item