Aplikasi Manajemen Qolbu sebagai Metoda Penanganan Korban Penyalahgunaan Narkotika pada Remaja di Pondok Pesantren Bidayatussalikin Sleman Yogyakarta

Wayoi, Deny Setiawan (2010) Aplikasi Manajemen Qolbu sebagai Metoda Penanganan Korban Penyalahgunaan Narkotika pada Remaja di Pondok Pesantren Bidayatussalikin Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-deny-setiawan-wayoi-037325023.swf

Download (937kB)

Abstract

Masyarakat berubah sangat cepat. Namun, tak semua orang dapat menghadapinya, terutama remaja yang merasa kesulitan beradaptasi dengan perubahan semacam itu. Alih-alih mengatasi masalah yang muncul, mereka memilih menggunakan narkotika. Badan Kesehatan Dunia (WHO) berpendapat bahwa agama merupakan aspek dasar dalam kesehatan manusia selabeberapa komponen utama lainnya (kesehatan fisik, psikologi dan sosial). Agama juga merupakan aspek yang sangat penting untuk mencegah maraknya penyalahgunaan narkotika. Penelitian ini akan menyelidiki dan mendeskripsikan pendekatan, teknik, dan penanganan bagi pengguna narkotika. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif (pendekatan studi kasus). Melalui metode ini, peneliti ingin menggali manajemen qolbu sebagai sebuah pendekatan untuk menangani pengguna narkotika usia remaja, termasuk dampak fisik dan psikologis. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna narkotika yang ditangani di Pondok Pesantren Bidayatussalikin. Obyek penelitian diambil dari 10 santri. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan dokumentasi. Rehablitasi dalam Pondok Pesantren Bidayatussalikin menggunakan pendekatan Manajemen Qolbu yang juga merupakan salah satu metode psikoterapi. Inti metode ini adalah membimbing pecandu untuk berdamai dengan masa lalunya dan kemudian bangkit. Pada praktiknya, pecandu narkotika diajak untuk lebih mendekat kepada Tuhan, Sang Pencipta. Proses rehabilitasi itu sendiri lebih menekankan pada aspek religius pecandu narkotika sehingga mereka dapat hidup normal. Pada saat pecandu narkotika dapat mengelola qolbunya, dia akan menjadi sosok yang lebih kuat karena dapat memilah baik dan buruk dalam hidupnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen qolbu, korban penyalahgunaan narkoba
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2016 09:44
Last Modified: 29 Jan 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43428

Actions (login required)

View Item View Item