Erwin, Sunarya (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI KE DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ERWIN SUNARYA_10504244040.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: mengidentifikasi nilai-nilai karakter, strategi pembelajaran dan kendala-kendala yang dialami oleh guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Yogyakarta.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual mengenai apa yang menjadi tema penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran produktif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa : Guru SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Yogyakarta telah mengimplementasikan 18 nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran produktif. Nilai-nilai tersebut adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social, dan tanggung jawab. Guru SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Yogyakarta telah menggunakan 12 metode pembelajaran. metode pembelajaran tersebut adalah ceramah, diskusi, penugasan, presentasi, bermain peran (role play), pembelajaran tematik, pembelajaran kooperatif, pembelajaran kontekstual, pembiasaan, memberikan keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, dan ditegakkan aturan yang sudah disepakati secara konsisten. Kendala yang dialami oleh guru SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Yogyakarta dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam pelajaran produktif yaitu faktor waktu pembelajaran yang terbatas (kendala pencapaian target materi pembelajaran) menjadi kendala yang paling besar, sementara tugas tambahan yang diberikan sekolah terlalu banyak menjadi kendala yang paling kecil. Kata kunci: nilai-nilai karakter, metode pembelajaran, kendala-kendala
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 09:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43426 |
Actions (login required)
View Item |