IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MENGAIT (CROCHET) PADA SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI TOGYAKARTA

Ema, Regina Ginting (2015) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MENGAIT (CROCHET) PADA SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI TOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
emma Regina.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa saja yang dialami siswa pada saat belajar mengait dari persiapan, pelaksanaan, dan finishing dalam membuat sarung handphone dan bando di kelas X SMK Karya Rini Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Karya Rini, yang beralamat Jl. Adisucipto no 86, Depok Catur Tunggal, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif. Populasi dalma penelitian ini adalah siswa kelas X program study Busana Butik yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa kelas X program studi Busana Butik di dalam proses belajar mengait di SMK Karya Rini Yogyakarta sebagai berikut; 1) tahap persiapan siswa dalam proses belajar praktik mengait masuk dalam kategori tidak mengalami kesulitan ada sebanyak 5 siswa dengan presentase 21,7%, dalam kategori yang berarti sebanyak 11 siswa dengan presentase 47,83%, dalam kategori kesulitan ada sebanyak 7 siswa dengan presentase 30,4, kesulitan yang dominan adalah menyediakan jarum kait yang sesuai dengan ukuran benang yang sesuai 2) tahap pelaksanaan siswa dalam proses belajar praktik mengait masuk dalam kategori tidak mengalami kesulitan ada sebanyak 1 siswa dengan presentase 4,3%, dalam kategori kesulitan yang berarti sebanyak 11 siswa dengan presentase 47,83%, dalam kategori kesulitan ada sebanyak 11 siswa dengan presentase 47,83%, kesulitan yang dominan terdapat pada memulai kaitan secara langsung 3) tahap proses finishing belajar praktik mengait masuk dalam kategori tidak mengalami kesulitan yang berarti sebanyak 11 siswa dengan presentase 47,83%, dalam kategori kesulitan ada sebanyak 11 siswa dengan presentase 47,83 %, dalam kategori sangat kesulitan ada sebanyak 1 siswa dengan presentase 4,3 %, kesulitan yang dominan terdapat dalam pengemasan yang rapi. Dari hasil penelitian dapat diidentifikasi bahwa siswa dalam melakukan tahapan-tahapan proses belajar praktik mengait masih mengalami kesulitan. Kata kunci : kesulitan belajar, mengait (crochet), SMK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:43
Last Modified: 30 Jan 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43415

Actions (login required)

View Item View Item