PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN SISWA DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA PADA PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH DI KELAS X DAN XI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG

Irma Rohmi Wahyunita, Irma (2016) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN SISWA DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA PADA PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH DI KELAS X DAN XI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
15. SKRIPSI IRMA ROHMI WAHYUNITA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar pengaruh dan signifikansi komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa terhadap kedisiplinan siswa pada peraturan tata tertib sekolah di kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang; (2) seberapa besar pengaruh dan signifikansi pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa pada peraturan tata tertib sekolah di kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang; (3) seberapa besar pengaruh dan signifikansi komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa dan pola asuh orang tua secara bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa pada peraturan tata tertib sekolah di kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang yang berjumlah 300 siswa dan sampel sebanyak 161 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan berganda setelah uji prasyarat dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa memiliki pengaruh sebesar 20,2% dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa pada peraturan tata tertib sekolah di kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang; (2) pola asuh orang tua memiliki pengaruh sebesar 19,8% dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa pada peraturan tata tertib sekolah di kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang; dan (3) komunikasi interpersonal antar guru dengan siswa dan pola asuh orang tua secara bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 29,4% dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa pada peraturan tata tertib sekolah di kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang. Berdasarkan hasil tersebut maka variabel yang paling berpengaruh pada penelitian ini adalah komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa. Kata kunci: komunikasi interpersonal, pola asuh orang tua, kedisiplinan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:37
Last Modified: 30 Jan 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43411

Actions (login required)

View Item View Item