KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMPN 3 TEMPEL

Lailia Rahmawati, Lailia Rahmawati (2014) KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMPN 3 TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lailia Rahmawati_11205241027_Pend.Bahasa Jawa.pdf

Download (52MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Mata kuliah ini berbobot 3 sks. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Selain itu, mata kuliah ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk memahami semua hal yang berkaitan dengan sekolah atau lembaga sehingga dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh. Praktek Pengalaman Lapangan(PPL) di SMPN 3 Tempel dilaksanakan melalui beberapa mekanisme. Mekanisme tersebut dibagi menjadi 3 bagian, yaitu sebelum pelaksanaan, pelaksanaan, dan sesudah pelaksanaan. Sebelum pelaksanaan mahasiswa dituntut untuk observasi terlebih dahulu. Observasi yang dilakukan mencakup observasi pembelajaran di kelas dan peserta didik, kondisi sekolah/lembaga, dan observasi pembelajaran/pelatihan. Hasil observasi tersebut kemudian dijadikan dasar untuk membuat program kerja. Kemudian program kerja didiskusikan kepada guru pembimbing. Melalui diskusi dengan guru pembimbing maka ditentukan pula cara pelaksanaan PPL. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di dua kelas yaitu kelas VIII B dan VIIIC. Tahapan pelaksanaan PPL diantaranya persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL selama ini berjalan dengan lancar. Selanjutnya, makanisme sesudah pelaksanaan PPL adalah pembuatan laporan. Pembuatan laporan dibuat secara individu. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMP Negeri 3 Tempel ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Bahasa Jawa yang diperoleh di bangku perkuliahan serta pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pelaksanaan PPL, Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Nov 2016 07:35
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43408

Actions (login required)

View Item View Item