PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK UNTUK SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN

Suci Ika Febrianti, Suci (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK UNTUK SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
7. SKRIPSI FULL_SUCI IKA FEBRIANTI_12402241040.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada kompetensi dasar mengaplikasikan aplikasi perangkat lunak dalam mengolah data atau naskah, dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada kompetensi dasar mengaplikasikan aplikasi perangkat lunak dalam mengolah data atau naskah yang telah dikembangkan Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation namun penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap ke empat yaitu tahap implementasi. Subjek penelitian adalah 1 ahli materi, 1 ahli media, 4 siswa kelas X administrasi perkantoran dalam uji coba kelompok kecil dan 32 siswa kelas X administrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 1 Tempel tahun ajaran 2015-2016 untuk uji coba kelompok besar. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian ahli media, lembar penilaian ahli materi, dan angket siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis deskriptif menggunakan rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran intraktif mengoperasikan aplikasi perangkat lunak berhasil dikembangkan menggunakan 4 tahap pengembangan ADDIE yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, (2) hasil penilaian ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,36 dengan kategori skor “sangat layak”, hasil penilaian ahli media mendapatkan skor 4,55 dengan kategori skor “sangat layak”, dan mendapatkan skor 4,14 dengan kategori skor “layak” pada uji coba pengguna Dengan demikian, media pembelajaran interaktif mengoperasikan aplikasi perangkat lunak untuk siswa kelas X administrasi perkantoran yang telah dikembangkan layak untuk digunakan. Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Aplikasi Perangkat Lunak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:37
Last Modified: 30 Jan 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43407

Actions (login required)

View Item View Item