PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BALAI PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR (BPKB) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

Danang Setya Ramadhani, Danang (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BALAI PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR (BPKB) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). S1 thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. skripsi_danangsetyaramadhani_11402241030.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh (1)kepemimpinan, (2) motivasi, (3) kepemimpinan dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai di Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) DIY. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) DIY dengan jumlah 40 pegawai. Uji coba butir soal penelitian dilakukan pada 30 pegawai Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan Apha Cronbach. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi, dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh positif antara kepemimpinan dengan kinerja pegawai sebesar 70,5% terhadap kinerja pegawai hal tersebut dilihat dari r2 sebesar 0,705; (2) ada pengaruh positif antara motivasi terhadap kinerja pegawai sebesar 20,7% . Hal tersebut didapat dari hasil analisis r2 sebesar 0,207 (3) ada pengaruh positif antara kepemimpinan dan motivasi secara bersama-sama dengan kinerja pegawai sebesar 73,6 dan sebesar 26,4% berasal dari variabel atau faktor lain yang tidak ada di dalam penelitian ini. Hal tersebut didapat dari hasil analisis r2 sebesar 0,736. Variabel kepemimpinan memiliki sumbangan relatif terhadap kinerja pegawai sebesar 89,23% dan 65,67% sumbangan efektif. Motivasi memiliki sumbangan relatif terhadap kinerja pegawai sebesar 10,77% dan memiliki 7,92% sumbangan efektif. Kata kunci: Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja Pegawai Balai Pengembangan Kegiatan Belajar DIY

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:32
Last Modified: 09 Nov 2016 09:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43388

Actions (login required)

View Item View Item