KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MOTOR BENSIN SISWA KELAS XII PROGRAM TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 2 KLATEN

Hananto, Fajar Dwi (2016) KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MOTOR BENSIN SISWA KELAS XII PROGRAM TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
FAJAR DWI HANANTO 11504244005_a.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Motor Bensin, (2) kontribusi kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar Motor Bensin, (3) kontribusi motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar Motor Bensin. Jenis Penelitian ini adalah ex-post facto. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK N 2 Klaten sebanyak 65 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan proportional random sampling dengan jumlah 38 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi parsial dan teknik analisis regresi ganda dua prediktor pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif antara Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Motor Bensin Siswa Kelas XII TKR SMK N 2 Klaten yang dibuktikan dengan r = 0,349 dan t = 3,038 dengan sumbangan efektif sebesar 11,94 %; (2) terdapat pengaruh positif antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Motor Bensin Siswa Kelas XII TKR SMK N 2 Klaten yang dibuktikan dengan r = 0,269 dan t = 2,319 dengan sumbangan efektif sebesar 7,09 %; (3) terdapat pengaruh positif antara Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa dengan Hasil Belajar Motor Bensin Siswa Kelas XII TKR SMK N 2 Klaten yang dibuktikan dengan r2 = 0,191. Hal ini menunjukkan besarnya varian hasil belajar siswa yang dapat dijelaskan atau dipengaruhi motivasi belajar dan kepercayaan diri sebesar 19,04 %. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Kepercayaan Diri Siswa, Hasil Belajar Motor Bensin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:24
Last Modified: 30 Jan 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43378

Actions (login required)

View Item View Item