PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN STANDAR KOMPETENSI MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

Shendy Ervita Restu Amelia, Shendy (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN STANDAR KOMPETENSI MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES. S1 thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12. SKRIPSI_SHENDY ERVITA_10402244003.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan Modul Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model pengembangan Arief S. Sadiman. Adapun tahapan tersebut yaitu : Analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, Merumuskan tujuan, Merumuskan butir-butir materi, Menyusun alat pengukur keberhasilan, Membuat naskah media, Melakukan validasi ahli dan Melakukan uji coba kelayakan, Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Wates. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket. Hasil penelitian dan pengembangan yaitu Penilaian ahli materi I aspek relevansi materi mendapatkan skor 50 dengan kategori sangat setuju/sangat layak dan aspek kriteria pemilihan media mendapat skor 21 dengan kategori sangat setuju/sangat layak. Ahli materi II aspek relevansi materi mendapat skor 47 dengan kategori sangat setuju/sangat layak dan aspek kriteria pemilihan media mendapat skor 22 dengan kategori sangat setuju/sangat layak. Penilaian ahli media aspek fungsi dan manfaat media mendapat skor 21 dengan kategori sangat setuju/sangat layak, aspek karakteristik tampilan modul memperoleh skor 29 dengan kategori setuju/layak dan aspek karakteristik modul sebagai media memperoleh skor 36 dengan kategori sangat setuju/sangat layak. Penilaian oleh siswa mendapatkan frekuensi untuk interval skor 123,6 ke atas sebanyak 21 siswa dengan kategori sangat setuju/sangat layak dan frekuensi untuk interval skor 96 – 123,5 sebanyak 16 siswa dengan kategori setuju/layak. Kata Kunci: Penelitian, Pengembangan, Modul

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:17
Last Modified: 30 Jan 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43372

Actions (login required)

View Item View Item