Relevansi Kurikulum Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK dengan Kompetensi Yang Dibutuhkan Dunia Usaha Agen Tunggal Pemegang Merk di Yogyakarta.

Wibowo, Ari (2016) Relevansi Kurikulum Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK dengan Kompetensi Yang Dibutuhkan Dunia Usaha Agen Tunggal Pemegang Merk di Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ari-wibowo-14702251077.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) isi dokumen kurikulum SMK Keahlian Teknik Kendaraan Ringan(KTKR) di Yogyakarta, (2) tingkat relevansi dokumen kurikulum TKR dengan implementasi pembelajaran di sekolah dan kebutuhan dunia usaha Agen Tunggal PemegangMerk (ATPM) di Yogyakarta, dan (3) tingkat relevansi implementasi kurikulum antara pembelajaran di sekolah dengan kebutuhan dunia usaha ATPM di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan tiga tahap. Tahap pertama, untuk mengumpulkan dokumen kurikulum SMK KTKR yang kemudian dokumen kurikulum tersebut disusun dalam bentuk angket.Tahap kedua, yaitu memverifikasi dokumen kurikulum yang sudah disusun dalam bentuk angket ke dunia usaha ATPM dan guru yang mengajar KKTKR. Tahap ketiga, memverifikasi hasil angket sekolah KKTKR dengan angket dari dunia usaha ATPM yaitu dengan menggunakan t-test (uji dua pihak) dengan taraf signifikansi (sig) 0,05. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kurikulum KTKR SMK terdiri dari 9 KI dan 129 KD, yang mencakup kompetensi C1 (spiritual), C2 (sosial), C3 (pengetahuan) dan C4 (keterampilan). Kompetensi Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan mendapat tambahan dari dunia usaha ATPM yaitu kompetensi dasar pengetahuan dan kemampuan membaca diagram kelistrikan kendaraan. (2) Kurikulum dengan implementasi pembelajaran dan kebutuhan dunia usaha ATPM secara keseluruhan relevan (R), akan tetapi ada satu KI yang tidak relevan (TR) yaitu Kompetensi Simulasi Digital. (3) Kurikulum KTKR di sekolah relevan (R) dengan kebutuhan dunia usaha ATPM. Analisis uji-t hasilnya adalah sebagai berikut. Kompetensi Dasar Sikap Sosial hasil t-hitung sebesar 1,7518 (sig), Kompetensi Dasar Sikap Spiritual hasilnya 0,7523 (sig), Teknologi Dasar Otomotif hasilnya -1,0657 (sig), Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif hasilnya 1,1869 (sig), Teknik Listrik Dasar Otomotif hasilnya -0,6072 (sig), Simulasi digital hasilnya 1,6624 (sig), dan Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan hasilnya 1,9198 (sig). Kompetensi yang tidak signifikan adalah Pemelihaaan Kelistrikan Kendaran Ringan hasilnya 3,6512 (tidak-sig), dan Kompetensi Pemeliharaan Sasis Pemindah Tenaga hasilnya 4,9365 (tidak-sig), dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa pada hasil yang signifikan ada hubungan antara implementasi pembelajaran dengan kebutuhan di dunia usaha ATPM (relevan), dan pada hasil yang tidak signifikan tidak ada relevansi antara implementasi pembelajaran dengan kebutuhan dunia usaha ATPM.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Nov 2016 01:50
Last Modified: 05 Sep 2022 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43369

Actions (login required)

View Item View Item