HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTIK INDUSTRI DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XII SMK NASIONAL BERBAH

Diana, Erin (2016) HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTIK INDUSTRI DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XII SMK NASIONAL BERBAH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Erin Diana 11504241011.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha, (2) Hubungan antara hasil belajar praktik industri dengan minat berwirausaha, (3) Hubungan antara hasil belajar kewirausahaan dan praktik industri secara bersama-sama dengan minat berwirausaha. Jenis penelitian adalah ex-post facto. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Nasional Berbah sebanyak 68 Siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil uji validasi dari 30 pernyataan terdapat 3 yang gugur, pernyataan yang gugur tidak digunakan untuk penelitian. Hasil uji reliabilitas adalah alpha 0,751>r tabel 0,238 artinya item-item angket minat berwirausaha dapat dikatakan reliabel atau dipercaya. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah 1) uji asumsi klasik (uji normalitas dan uji linieritas), 2) analisis korelasi product moment, dan 3) analisis korelasi ganda. Hasil analisis data menggunakan taraf signifikansi p=0,05. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha dengan koefisien korelasi (rx 1 y) sebesar 0,688. (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar praktik industri dengan minat berwirausaha dengan koefisien korelasi (rx 2 y) sebesar 0,413. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar kewirausahaan dan praktik industri secara bersamasama dengan minat berwirausaha dengan koefisien korelasi (ryx 1 x 2 ) adalah 0,690 dengan sumbangan efektif sebesar 46,7%. Kata Kunci: Hasil Belajar Kewirausahaan, Praktik Industri dan Minat Berwirausaha.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:14
Last Modified: 30 Jan 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43367

Actions (login required)

View Item View Item