PROFIL USAHA JAJANAN PASAR DALAM ASPEK JENIS PRODUK, PENDAPATAN, DAN KETERSERAPAN TENAGA KERJA DI PASAR BANTENGAN, WONOCATUR, KECAMATAN BANGUNTAPAN, BANTUL

Putri, Bastiana Salendra (2016) PROFIL USAHA JAJANAN PASAR DALAM ASPEK JENIS PRODUK, PENDAPATAN, DAN KETERSERAPAN TENAGA KERJA DI PASAR BANTENGAN, WONOCATUR, KECAMATAN BANGUNTAPAN, BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Bastiana Salendra Putri 11511244011.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil Usaha Jajanan Pasar dilihat dari: (1) Aspek jenis produk yang dijual (2) Aspek Pendapatan (3) Aspek Keterserapan Tenaga Kerja di Pasar Bantengan, Wonocatur, Banguntapan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian Survei. Subjek penelitian adalah pelaku usaha penjualan jajanan pasar sebanyak 4 outlet usaha, total responden sebanyak 14 orang. Objek penelitian adalah profil usaha dilihat dari aspek jenis produk, pendapatan, dan keterserapan tenaga kerja di Pasar Bantengan, Banguntapan, Bantul. Data dianalisa secara deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung pada objek dan subjek penelitian. Hasil penelitian profil usaha jajanan pasar dalam aspek jenis produk (1) Ada 104 varian jenis produk yang tersedia di Pasar Bantengan. Produk yang dijual meliputi kue tradisional (41%), jenis produk inovasi (30%), cake dan roti (29%). Berdasarkan teknik olahnya produk yang paling banyak dijual adalah aneka gorengan (31%) dan produk kukus (32%). Sebagian besar produk yang dijual berbahan dasar tepung terigu. Produk paling laris adalah bolu Kukus, sosis solo, risoles mayonaise, dan kue pastel yang termasuk jenis kue basah. Setiap Outlet usaha rata- rata memiliki penyetor produk tetap sebanyak 50 orang. Profil Usaha Jajanan pasar dalam aspek keterserapan tenaga kerja adalah (2) Kegiatan usaha berlangsung setiap hari dalam seminggu. Usaha jajanan pasar menyerap tenaga kerja sebanyak 10 orang dalam 4 outlet . 79% Tenaga kerja yang terserap adalah wanita dalam usia produktif. Tenaga kerja yang terserap dilihat dari pendidikannya masih rendah. Pembagian kerja dan pengorganisasian usaha dilakukan sendiri oleh pemilik usaha yang juga ikut terlibat dalam aktivitas usaha. Profil Usaha Jajanan Pasar dalam Aspek Pendapatan; (3) Pendapatan kotor dari hasil usaha jajanan pasar dalam sebulan sebesar Rp 8.574.000- Rp 16.254.000. Pendapatan bersih diperoleh dari hasil perhitungan pendapatan kotor dikurangi biaya total pengeluaran yaitu sebesar Rp 6.324.000 – Rp 12.004.000 per bulan. Maka total keuntungan yang di dapatkan dalam sebulan rata- rata 74 % dari total pendapatan kotor. Kata kunci : Profil Usaha, Aspek Jenis Produk, Aspek Pendapatan, Aspek keterserapan Tenaga Kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:11
Last Modified: 30 Jan 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43364

Actions (login required)

View Item View Item