PENGEMBANGAN MODUL UNTUK BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN CNC KELAS XI DI SMK NEGERI 1 MAGELANG

Muhamat, Nurochman (2016) PENGEMBANGAN MODUL UNTUK BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN CNC KELAS XI DI SMK NEGERI 1 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi_muhamat nurochman_12503241033.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses pengembangan modul CNC Dasar TU-2A kelas XI SMK N 1 Magelang, 2) menilai/menguji hasil uji kelayakan modul CNC Dasar TU-2A yang dikembangkan, 3) mengukur efektivitas modul CNC Dasar TU-2A yang dikembangkan untuk siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK N 1 Magelang. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian dilaksanakan di Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 1 Magelang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk menilai tingkat kelayakan dan tes untuk uji efektivitas produk yang dikembangkan. Angket divalidasi oleh ahli evaluasi, kemudian diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk memvalidasi modul CNC Dasar TU-2A dan uji kelompok kecil dilakukan kepada 10 siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK N 1 Magelang dan uji kelompok besar dilakukan pada 31 siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK N 1 Magelang untuk mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul, data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, sedangkan untuk uji efektivitas produk yang dikembangkan menggunakan SPSS 16.0 dengan rumus t-test sampel berpasangan (Paired Samples T Test). Hasil pengembangan modul CNC Dasar TU-2A layak untuk diproduksi dan digunakan, hal ini dapat dilihat dari validasi ahli materi dengan rerata skor adalah 3,15 sedangkan uji kelayakan menunjukan kriteria “baik”. Validasi ahli media yang dilihat dari rerata skor adalah 3,53 sedangkan uji kelayakan menunjukan kriteria “sangat baik”. Hasil yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil dilihat dari rerata skor adalah 3,45 sedangkan uji kelayakan menunjukan kriteria “sangat baik”. Hasil yang diperoleh dari uji coba kelompok besar dilihat dari rerata skor adalah 3,39 sedangkan uji kelayakan menunjukan kriteria “sangat baik”. Modul CNC Dasar TU-2A yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK N 1 Magelang. Hal ini dapat dilihat setelah data dianalisis dan di uji dengan t-test sampel berpasangan (Paired- Samples T Test) hasil yang didapat adalah t hitung (-5,887) => 5,887 (nilai mutlak) dengan nilai signifikansi Sig (2-tailed) (0,000) < (0,05) sehingga nilai sesudah treatment meningkat, dibandingkan sebelum treatment. Kata kunci: penelitian pengembangan, modul, cnc tu-2a

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:47
Last Modified: 30 Jan 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43362

Actions (login required)

View Item View Item