HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DUKUNGAN FASILITAS PRAKTIK DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 SEWON

Lisanatun, Lisanatun (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DUKUNGAN FASILITAS PRAKTIK DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LISANATUN (11513244025-NR).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: (1) motivasi belajar mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Sewon, (2) dukungan fasilitas praktik mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Sewon, (3) hasil belajar mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Sewon, (4) hubungan motivasi belajar dan dukungan fasilitas praktik dengan hasil belajar mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit secara mandiri maupun secara bersama-sama pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Busana di SMK Negeri 1 Sewon yang menempuh pelajaran Dasar Teknologi menjahit sebanyak 128 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 95 orang ditentukan dengan rumus tabel Isaac dan Michaeldengan taraf signifikansi 5%, selanjutnya sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan observasi untuk memperoleh informasi tentang keadaan/ situasi yang ada dalam lingkungan sekolah, dokumentasi dari guru untuk hasil belajar dan angket untuk mengukur motivasi belajar dan dukungan fasilitas praktik. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi product moment berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa sebagian besar berada dalam kategori tinggi sebesar 40% pada interval skor 86,4 < x ≤ 96,4, (2) dukungan fasilitas praktik sebagian besar berada dalam kategori tinggi sebesar 36,9% pada interval skor 91,8 < x ≤ 101,8, (3) hasil belajar siswa sebagian besar memiliki skor 85-86 sebanyak 29,5%, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1-Y dibuktikan dengan rhitung (0,788) >rtabel (0,202) pada taraf signifikansi 5%, X2-Y dibuktikan dengan rhitung (0,241) >rtabel (0,202) pada taraf signifikansi 5% dan (X1,X2) dengan Y dibuktikan dengan Ry (1,2) (0,617) >rtabel (0,202) pada taraf signifikansi 5% dalam kategori kuat, sehingga motivasi belajar dan dukungan fasilitas memberikan sumbangan terhadap hasil belajar sebesar 61,7% dilihat dari nilai R, sedangkan 38,3% berasal dari variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: motivasi belajar siswa, dukungan fasilitas praktik, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:44
Last Modified: 30 Jan 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43361

Actions (login required)

View Item View Item