PERBEDAAN PENGGUNAAN MESIN HIGH SPEED DAN MESIN MANUAL PADA PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN KERAH KEMEJA PADA PEMBELAJARAN BUSANA INDUSTRI DI SMKN 1 SEWON

Laila Noor, Hikmah Nadzoang (2016) PERBEDAAN PENGGUNAAN MESIN HIGH SPEED DAN MESIN MANUAL PADA PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN KERAH KEMEJA PADA PEMBELAJARAN BUSANA INDUSTRI DI SMKN 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Laila Noor Hikmah Nadzoang_11513244001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pencapaian kompetensi pembuatan kerah kemeja siswa SMK N 1 Sewon. 2) Mendeskripsikan kompetensi pembuatan kerah kemeja siswa yang menggunakan mesin manual dan mesin high speed di SMK Negeri 1 Sewon. 3) Mengetahui perbedaan pencapaian kompetensi pembuatan kerah kemeja dengan mesin high speed dan mesin manual di SMK Negeri 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI Busana Butik 3 dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan tes (kognitif dan psikomotor), observasi (afektif) dan dokumentasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Uji normalitas menggunakan rumus Kolmogrov Smirnov, data mesin high speed nilai Asymp.sig (2-tailed) sebesar 0,760 dan data mesin manual sebesar 0,625. Uji homogenitas menggunakan uji F, F-hitung = 0,213. Uji hipotesis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil penelitian pencapaian kompetensi pembuatan kerah kemeja berdasarkan KKM 21 siswa (65,62%) dinyatakan kompeten dan 11 siswa (34,38%) dinyatakan tidak kompeten. 2) Hasil pencapaian kompetensi pembuatan kerah menggunakan mesin high speed sebanyak 13 siswa dinyatakan tuntas/lulus KKM, dan 3 siswa lainnya dinyatakan belum tuntas/belum lulus KKM. Pada mesin manual ketuntasan nilai akhir terdapat 8 siswa dinyatakan tuntas/lulus KKM dan 8 siswa lainnya belum tuntas/belum lulus KKM. 3) Hasil uji-T dengan N=16 diperoleh nilai T hitung sebesar (2,152) lebih besar dari t-tabel sebesar (2,042), signifikan. Terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan mesin high speed dan mesin manual pada pencapaian kompetensi pembuatan kerah kemeja pada pembelajaran busana industri di SMK Negeri 1 Sewon. Kata kunci: mesin high speed, mesin manual, kerah kemeja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:40
Last Modified: 30 Jan 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43359

Actions (login required)

View Item View Item