PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN AIR CONDITIONER DENGAN SASARAN PEMBELAJARAN MANDIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Aditya, Ariel (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN AIR CONDITIONER DENGAN SASARAN PEMBELAJARAN MANDIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ARIEL ADITYA 11504241001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran dengan menggunakan Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Air Conditioner bidang keahlian teknik kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui spesifikasi dan kualitas produk media pembelajaran Air Conditioner yang dikembangkan serta respon pengguna terhadap media pembelajaran Air Conditioner yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Pengujian kelayakan media pembelajaran dilakukan secara bertahap. Tahap pertama dilakukan uji kelayakan oleh ahli media dan ahli materi. Setelah dilakukan uji kelayakan oleh para ahli, kemudian dilakukan uji coba kelompok terhadap beberapa siswa bidang keahlian teknik kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Tahap terakhir uji kelayakan adalah uji coba kelompok besar, yaitu diuji cobakan kepada pengguna media pembelajaran, yaitu siswa bidang keahlian teknik kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Sampel penelitian adalah siswa bidang keahlian teknik kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 1 Bantul kelas XII sejumlah 34 orang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran Air Conditioner yang dikembangkan berbasis Adobe Flash CS6 dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation) terdiri dari 4 menu utama yaitu menu awal, menu materi, menu evaluasi, dan menu informasi. Dalam media pembelajaran Air Conditioner yang dibuat dilengkapi dengan gambar, animasi, dan video. Kualitas produk media pembelajaran Air Conditioner yang dihasilkan memperoleh rerata skor total pada ketiga aspek penilaian oleh ahli media sebesar 3,48 dari 4 dengan kategori “Sangat Baik” sebagai media pembelajaran. Sedangkan ahli materi memberikan rerata skor total pada empat aspek penilaian kualitas materi yang disajikan media pembelajaran Air Conditioner sebesar 3,28 dari 4 dengan kategori “Sangat Baik” sebagai media pembelajaran. Sedangkan respon siswa terhadap media pembelajaran Air Conditioner menghasilakn rerata kor total sebesar 3,13 dari 4 dengan kategori “Baik”. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Air Conditioner, Berbasis Adobe Flash CS6 v

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:37
Last Modified: 30 Jan 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43358

Actions (login required)

View Item View Item