PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM INDERA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANTUL

Indrastyawati, Cinthya (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM INDERA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Cinthya Indrastyawati_12317244019.pdf

Download (783kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran sistem indera pada manusia yang layak digunakan untuk siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bantul; (2) mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran sistem indera pada manusia untuk meningkatkan motivasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bantul; dan (3) mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran sistem indera pada manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bantul. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) namun dibatasi hanya tahap ADD (Analysis, Design, Development). Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 dosen ahli media, 2 dosen ahli materi, 2 orang guru biologi, kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Bantul sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Bantul sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kualitas pembelajaran, angket motivasi belajar, dan soal tes kognitif. Hasil penilaian kualitas produk, peningkatan motivasi dianalisis dengan statistik deskriptif. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol dianalisis dengan menggunakan uji ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan guru biologi dikategorikan baik dan tanggapan siswa menunjukkan setuju media pembelajaran layak digunakan. Hasil perhitungan skor pada angket motivasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan motivasi pada kelas eksperimen yang diberikan media pembelajaran. Hasil uji ANCOVA menunjukkan bahwa media pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bantul. Kata Kunci: Android, indera, media, pembelajaran, pengembangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:29
Last Modified: 30 Jan 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43353

Actions (login required)

View Item View Item