PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKARYA MEMBATIK MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS VII SMP Dr. WAHIDIN

Cristian, Kusuma Dewi (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKARYA MEMBATIK MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS VII SMP Dr. WAHIDIN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cristian kd 12513247010.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) mengembangkan media pembelajaran Prakarya Membatik Menggunakan Adobe Flash untuk Siswa Kelas VII di SMP Dr. Wahidin. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Prakarya Membatik Menggunakan Adobe Flash untuk Siswa Kelas VII di SMP Dr. Wahidin. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development). Pengembangan media pembelajaran prakarya membatik menggunakan adobe flash ini melalui enam tahap yaitu: 1) Concept (konsep), 2) Design (perancangan), 3) Material collecting adalah tahap pengumpulan bahan, 4) Assembly adalah tahap pembuatan, 5) Testing (pengujian), 6) Distribution. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 25 siswa untuk uji coba kelompok besar, jadi jumlah keseluruhan subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas VII di SMP Dr. Wahidin. Hasil penelitian berupa : 1) produk media pembelajaran Prakarya Membatik Menggunakan Adobe Flash untuk Siswa Kelas VII di SMP Dr. Wahidin. 2) media pembelajaran Prakarya Membatik yang layak digunakan baik dari segi kemudahan produk dioperasikan, kemudahan produk dipelajari isinya, kemenarikan tampilan. Kelayakan media pembelajaran prakarya membatik menggunakan adobe flash berdasarkan penilaian dari ahli materi termasuk dalam kategori sangat layak dengan penilaian Aspek kualitas materi 4,76, Aspek kemanfaatan 4,67, dan ahli media dengan penilaian Aspek desain layar 4,07, Aspek kemudahan pengoperasian 4, Aspek keefektifan navigasi 4,6, Aspek kemanfaatan 4,83. Uji coba kelompok kecil dengan total skor 143,2 termasuk dalam kategori layak. uji kelompok besar berdasarkan analisis deskriptif dapat diketahui nilai dari 25 orang siswa menunjukan bahwa aspek kemudahan produk dioperasikan adalah 40,4, aspek kemudahan produk dipelajari isinya adalah 53,24, aspek kemenarikan tampilan adalah 48,88, dengan total skor ketiga aspek keseluruhan 142,5 menyatakan bahwa media pembelajaran prakarya membatik berbasis adobe flash termasuk dalam kategori “layak”. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Prakarya Membatik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Nov 2016 01:29
Last Modified: 30 Jan 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43341

Actions (login required)

View Item View Item