Pengaruh Layanan Bimbingan dan Konseling, Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, dan Persepsi Siswa tentang SMK terhadap Minat Siswa SMP Masuk ke SMK di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Utomo, Nur Fadli (2016) Pengaruh Layanan Bimbingan dan Konseling, Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, dan Persepsi Siswa tentang SMK terhadap Minat Siswa SMP Masuk ke SMK di Kabupaten Kepulauan Sangihe. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-fadli-utomo-1470221055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan minat siswa SMP negeri di Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk melanjutkan ke SMK serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tahuna, SMP Negeri 2 Tahuna Timur, dan SMP Negeri 5 Tahuna dengan responden yang terdiri dari kelas IX karena mereka telah dihadapkan pada pilihan untuk melanjutkan ke jenjang SMA atau SMK. Populasi penelitian ini berjumlah 332 orang siswa dan sampel sejumlah 178 siswa ditentukan dengan teknik propotional random sampling berdasarkan tabel Isaac pada taraf kesalahan 5%. Datanya dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan dan konseling (BK), kondisi sosial ekonomi keluarga, dan persepsi siswa mengenai SMK berpengaruh terhadap minat siswa untuk melanjutkan ke SMK baik secara masing-masing maupun bersamaan. Layanan BK memberi kontribusi 49,6% terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK. Kondisi sosial ekonomi keluarga memberi kontribusi sebesar 26% terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK. Persepsi siswa tentang SMK berkontribusi 54,4% terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK. Pengaruh secara bersamaan ketiga variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 69,9% sehingga membuktikan bahwa layanan BK, kondisi sosial ekonomi keluarga, dan persepsi siswa mengenai SMK sangat berpengaruh dan memberikan kontribusi yang besar terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Minat siswa, bimbingan konseling, kondisi sosial ekonomi keluarga, persepsi siswa, sekolah menengah kejuruan, sangihe.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Nov 2016 08:12
Last Modified: 05 Sep 2022 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43336

Actions (login required)

View Item View Item