PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMK NASIONAL SIDAREJA, CILACAP

Fiska Purwanita Rahayu, Fiska (2016) PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMK NASIONAL SIDAREJA, CILACAP. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI FULL_FISKA PURWANITA RAHAYU_11402241023_P.ADP.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penyebab masih kurangnya penguasaan kompetensi pedagogik, (2) kendala penguasaan kompetensi pedagogik, dan (3) upaya untuk meningkatkan penguasaan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar di SMK Nasional Sidareja, Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Populasi penelitian yaitu 42 peserta didik kelas X dan XI tahun ajaran 2014/2015. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian penguasaan kompetensi pedagogik masuk kategori cukup baik (38,10%): (1) penyebabnya yaitu: (a) guru memberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif masuk kategori cukup baik (59,50%), (b) guru memberikan kesempatan untuk presentasi masuk kategori cukup baik (64,30%), (c) guru memberikan selingan masuk kategori cukup baik (35,70%), (d) guru memberikan pekerjaan rumah masuk kategori cukup baik (71,40%), (e) guru memberikan jam tambahan/les masuk kategori sangat tidak baik (52,40%), (f) guru menyesuaikan pembelajaran dengan rencana pelaksanaan pembelajaran masuk kategori kurang baik, (g) guru menyampaikan rencana pelaksanaan pembelajaran masuk kategori cukup baik (42,90%), (h) guru memotivasi kreativitas peserta didik masuk kategori cukup baik (42,90%), (i) guru menjawab pertanyaan peserta didik dengan tepat masuk kategori cukup baik (33,70%). (2) Kendalanya yaitu: (a) guru belum sepenuhnya membuat peserta didik merespon kesempatan untuk berpartisipasi aktif, (b) guru belum sepenuhnya meningkatkan kesadaran peserta didik untuk memperhatikan materi, (c) guru belum sepenuhnya meningkatkan kesadaran peserta didik untuk belajar, (d) guru tidak memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran lengkap, (e) guru merangkap menjadi tenaga administrasi di sekolah sehingga terlambat masuk ke kelas. (3) Upaya meningkatkannya yaitu: (a) guru berusaha memberi kesempatan peserta didik berpartisipasi aktif, (b) guru berusaha menarik perhatian peserta`didik, (c) guru memberikan pekerjaan rumah, dan (d) guru berusaha mengunduh rencana pelaksanaan pembelajaran dari internet. Kata Kunci: kompetensi pedagogik, guru produktif administrasi perkantoran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 08 Nov 2016 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43319

Actions (login required)

View Item View Item